Connect with us

Ingin Usaha Tanpa Modal Boleh Saja, Tapi Jangan Lupakan ini!

usaha tanpa modal
Usaha Tanpa Modal

peluang kaya

Ingin Usaha Tanpa Modal Boleh Saja, Tapi Jangan Lupakan ini!

Usaha tanpa modal kini sudah menjadi hal yang tak asing lagi. Apalagi sejak era Internet yang sudah semakin meluas dengan semakin gampangnya akses Internet dapat dinikmati oleh hampir semua orang – beragam usaha tercipta. Kamu bahkan tak perlu modal sama sekali! Hanya butuh koneksi Internet tentu saja.

Ada banyak jenis usaha tanpa modal yang bisa kamu coba. Beberapa di antaranya adalah menjual produk orang lain (usaha ini sudah sangat umum dilakukan dan termasuk paling mudah). Kemudian, menjadi broker atau agen properti – baik yang bisa dilakukan secara offline dan online. Kemudian, menyediakan jasa seperti jasa penulisan artikel, jasa SEO dan sebagainya yang berkaitan dengan dunia bisnis online. Intinya adalah melihat peluang yang ada dan mencoba! Akan tetapi, ada ‘tetapi’ yang harus kamu perhatikan ketika ingin memulai sebuah usaha. Sebenarnya hal penting yang akan disebutkan di ini tidak hanya berlaku bagi kamu yang memulai usaha tanpa modal tetapi juga jenis usaha lainnya.

Apa Saja yang Tak Boleh Dilupakan Saat Ingin Memulai Usaha?

Ya! Sebagaimana judul artikel kali ini, ingin memulai usaha tanpa modal boleh aja – namun, ada baiknya untuk tidak lupakan beberapa hal penting berikut:

Tak sepenuhnya tanpa modal

Ketahuilah fakta bahwa tak ada bisnis yang sepenuhnya tanpa modal. Kamu tetap butuh modal yang memang tak selalu berbentuk materi, seperti modal bakat. Kemudian, kadang kala kamu masih butuh modal seperti komputer atau laptop dan koneksi Internet. Jadi, kamu tetap butuh sesuatu untuk memulai usaha kamu tersebut, bukan?

Baca juga: Mencari Pekerjaan Sampingan? Coba Promosikan Keahlian Anda dengan 4 Langkah Ini!

Tak hanya itu, khususnya bagi kamu yang memulai bisnis dengan cara online maka kamu butuh rekening tabungan yang terkoneksi dengan Internet Banking. Nah, salah satu bank yang paling populer digunakan oleh seller maupun buyer adalah BCA. Oleh karena itu, kamu perlu punya akun bank tersebut beserta beberapa fasilitasnya, seperti misalnya Klikbca maupun m-Banking BCA. Dengan demikian, kamu tak repot mengecek pembayaran dan sebagainya.

Terlalu fokus pada untung

Ada yang tak boleh kita lupakan bahwa kita terlalu sering berfokus pada untung – padahal usaha saja belum jalan. Jadi, perhatikan hal ini dan tak ‘mengidap’ penyakit ingin cepat kaya. Mengapa? Memang tak salah untuk menghitung untung dan rugi dan membayangkan berapa keuntungan yang akan diperoleh dari usaha tersebut. Akan tetapi, yang salah adalah ketika fokus adalah membayangkan keuntungan saja.

Pada faktanya, menghasilkan keuntungan dari usaha yang baru saja dimulai tak semudah yang dibayangkan. Mungkin saja dan pasti ada yang meleset. Hal tersebut akan bikin drop kalau hanya pikirkan untung semata, bukan? Jadi, berfokuslah pada pengembangan usaha terlebih dahulu dan memikirkan strategi apa saja yang perlu dilakukan. Dengan demikian, fokus adalah pada usaha yang sedang kamu jalankan dan bukan sekadar memikirkan untung. Kalaupun misalnya ada kegagalan – hal tersebut tidak akan membuat kamu langsung menyerah apabila memungkinkan. Mungkin saja ada kerugian di awal namun ternyata memberikan pelajaran untuk ke depannya dan memaksa kamu untuk berusaha lebih giat.

Tidak punya manajemen keuangan yang baik

Poin ketiga ini adalah salah satu hal terpenting yang harus dipikirkan dan dikelola ketika akan dan sedang memulai sebuah usaha. Namun, hal ini pulalah yang cukup sering dilupaka – terlebih apabila usaha yang dijalankan cukup kecil. Ada beberapa orang yang merasa bahwa membedakan keuangan pribadi, modal usaha dan keuntungan serta penggunaanya tak jadi masalah.

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa mencampurkan semua dana tersebut dalam satu rekening atau digunakan untuk kebutuhan setiap hari malah akan bikin repot. Selain itu, kamu pun tak bisa melihat cash-flow sebenarnya. Sebagaimana sudah disebutkan di poin pertama, memiliki rekening dengan akun BCA Individual dari Klikbca itu perlu. Nah, kamu pun bisa bikin beberapa rekening baik dari bank yang sama maupun bank lainnya. Kemudian, tak lupa untuk gunakan fasilitas Internet Banking ataupun Mobile Banking dari bank tersebut. Sebagai contoh, BCA menyediakan fasilitas ibank BCA yang bisa diakses via desktop ataupun smartphone kamu.

Nah, sudah siap untuk memulai usaha yang kamu impikan? Semoga beberapa poin penting yang telah disebutkan di atas tidak kamu lupakan, ya! Bisnis apapun itu baik ingin usaha tanpa modal ataupun usaha yang lebih besar – butuh manajemen yang baik. Justru dari usaha kecillah kamu bisa belajar untuk memulai sebuah usaha besar kelak.

Salam sukses!

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in peluang kaya

To Top